Minggu, 15 Juni 2014
Berlangganan

Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh Anda

4 Manfaat teh hitam untuk kesehatan

4 Manfaat teh hitam untuk kesehatan

Teh hitam memang kurang populer apabila dibandingkan dengan teh hijau atau teh melati. Teh hitam terbuat dari tanaman teh bernama camellia dan sangat tinggi akan kandungan polifenol.

Berikut adalah 4 manfaat teh hitam yang selama ini jarang Anda kenal seperti dilansir dari magforwomen.com.

Teh hitam mengurangi resiko stroke
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa teh hitam dapat membantu mencegah stroke. Penelitian lagi juga menyebutkan bahwa teh hitam membantu mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebesar 50%.

Melindungi sistem kekebalan tubuh
Teh hitam mengandung zat antioksidan yang tinggi oleh karena itu teh hitam dapat menghilangkan berbagai virus dari dalam tubuh. Teh hitam juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit seperti diare, pneumonia, dan infeksi kulit. Selain itu apabila teh hitam diaplikasikan di wajah makan akan mengurangi keriput dan juga mata bengkak.

Melawan kanker
Sebuah senyawa penting di dalam teh hitam yaitu yang bernama TF-2 mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Membantu menurunkan berat badan
Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara teratur akan membantu Anda dalam mengurangi berat badan. Hal ini karena teh hitam mampu memperlancar sistem metabolisme di dalam tubuh.

Jadi selain mengonsumsi teh hijau, tidak ada salahnya apabila Anda mencoba untuk mengonsumsi teh hitam. Teh hitam kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

sumber : merdeka.com

MANFAAT RAJIN MINUM TEH HITAM

MANFAAT RAJIN MINUM TEH HITAM

Teh hitam dapat membuat hidup lebih sehat. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 3.400 orang dewasa di Arab Saudi, di mana masyarakatnya dikenal suka minum teh, menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam lebih dari enam cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner lebih dari 50 persen. Menurut penelitian tersebut, antioksidan yang disebut flavonoids, yang terdapat pada teh hitam dan teh hijau, ternyata dapat menjadi senjata yang potensial untuk mencegah penyakit jantung.

''Teh, minuman yang dikonsumsi masyarakat di seluruh penjuru dunia, adalah bahan yang kaya akan unsur antioksidan ini,'' ujar para peneliti dalam studi yang dipimpin oleh Dr Iman A Hakim dari Universitas Arizona, Tucson, Amerika Serikat.

Teh hitam merupakan minuman favorit bagi kebanyakan masyarakat di dunia belahan timur. Sementara baru sedikit studi yang mencoba meneliti khasiat teh hitam bagi kesehatan. Padahal di belahan dunia lainnya teh hitam banyak dikonsumsi. Para peneliti mewawancarai 3.430 warga Arab Saudi yang berusia 30 hingga 70 tahun. Mereka diminta untuk mengisi kuis tentang kebiasaan diet, riwayat merokok, minum kopi, olahraga, serta faktor-faktor lainnya.

Hanya enam persen dari mereka yang terdiagnosis menderita penyakit jantung koroner. Minum teh sudah merupakan kebiasaan di Arab Saudi. Sekitar 90 persen dari responden yang terlibat dalam penelitian ini mengonsumsi teh setiap harinya. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang minum teh lebih dari enam cangkir sehari (yang jumlahnya mencapai 20 persen dari responden) memiliki risiko terkena penyakit jantung 50 persen lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum teh.

Temuan ini tetap berlaku meskipun para peneliti telah memyesuaikannya dengan faktor-faktor risiko lain seperti merokok, obesitas, tingkat kolesterol, serta gaya hidup yang kurang banyak bergerak. Secara umum, orang yang menderita penyakit jantung cenderung sedikit mengonsumsi teh dibandingkan mereka yang lebih sehat, yakni 3,5 cangkir berbanding 4,5 cangkir per hari.

Bagaimana kebiasaan minum teh bisa meningkatkan kesehatan jantung? Para peneliti menerangkan bahwa flavanoids yang terdapat di dalam teh bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke hingga 12 persen. Ini berlaku bagi mereka yang mengonsumsi tiga cangkir teh sehari. Selain itu, flavanoids juga bisa menurunkan risiko pembekuan darah di arteri, dan mengurangi tingkat LDL atau 'kolesterol jahat'.

Yuk, mulai minum teh hitam...

Sumber : REPUBLIKA.CO.ID

KHASIAT TEH HITAM TAK KALAH HEBAT

KHASIAT TEH HITAM TAK KALAH HEBAT

Selama ini orang hanya mengenal manfaat dan kehebatan dari teh hijau saja. Padahal, selain teh hijau ada beragam jenis teh lain yang dapat memberikan segudang manfaat kesehatan. Dia adalah teh hitam.

Sama seperti teh hijau, teh hitam dipetik dari tanaman teh yang disebut Camellia sinensis. Teh hitam umumnya lebih menggugah selera dan lebih banyak mengandung kafein ketimbang teh yang tak teroksidasi (teh hijau).

Meski begitu, kandungan kafein pada teh hitam sangatlah rendah dan baik untuk sirkulasi. Selain kafein, teh hitam juga mengandung fluorida yang baik untuk kesehatan mulut dan tulang.

Berbeda dari teh hijau, pada teh hitam tidak ada kandungan antioksidan, karena hilang saat proses pembuatan. Namun teh hitam punya khasiat membantu melawan bakteri dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Minum secangkir teh hitam dapat membantu melembabkan kulit dan menyeimbangkan tingkat hormon (mencegah timbulnya stres). Bahkan, teh hitam juga berfungsi sebagai anti-inflamasi, membantu mengatasi gangguan pencernaan, menyeimbangkan tingkat kolesterol sehingga mengurangi risiko stroke.

Sumber : KOMPAS.com -

KHASIAT TEH HITAM BAGI KESEHATAN

KHASIAT TEH HITAM BAGI KESEHATAN

Minum teh hitam dapat membantu melindungi dari risiko diabetes tipe 2. Fakta ini didapat berdasarkan hasil analisa peneliti atas 50 negara, dimana negara yang meminum teh paling hitam memiliki tingkat kejadian diabetes paling rendah. Negara-negara tersebut diantaranya, Korea Selatan, Brazil dan Cina. Sedangkan negara-negara dengan angka penderita diabetes tipe 2 yang cukup tinggi diantaranya, Inggris, Turki dan Irlandia.

Fakta ini sedikit melegakan mengingat kejadian diabetes tipe 2 telah meroket di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir. Bahkan ilmuwan memproyeksikan, pada tahun 2030 akan ada lebih dari 900 juta orang menderita diabetes atau terkait dengan risiko diabetes  di seluruh dunia.

Seorang peneliti dari kelompok Data Mining International, Geneva, Switzerland, Ariel Beresniak, MD, PhD , menyatakan  jika penelitian menunjukkan hubungan konsisten antara minum teh hitam  dan risiko diabetes tipe 2. Sayangnya, belum dapat dibuktikan jika kedua fakta ini memiliki hubungan sebab akibat. “The hitam mungkin dapat melindungi dari diabetes, akan tetapi butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya,” tandas Ariel. Ariel juga menyarankan jika penelitian lanjutan juga seharusnya menemukan konsisten dan dikaitkan dengan penelitian sebelumnya.

Peran Teh Hijau dan Teh Putih

Penelitian juga sempat mengaitkan antara teh hijau dan teh putih di dalam penurunan risiko diabetes. Kembali lagi disayangkan, Ariel  dan rekan-rekannya  belum dapat menemukan hubungan ini.

Bisa jadi ada kaitan antara proses teh hitam yang semakin pekat dengan fermentasi yang lebih lama dibanding teh hijau dan putih. Proses fermentasi ini mengubah senyawa simple flavonoid  (flavonoid sederhana) yang disebut dengan katekin (biasanya banyak dikandung teh hijau), menjadi senyawa kompleks theaflavin  dan thearubigins .

Ariel mengatakan,  jika teh hitam terbukti menurunkan risiko diabetes pada penelitian di masa depan, maka dapat dikatakan fermentasi adalah penjelasannya.

Seorang spesialis diabetes dari Lenox Hill Hospital di New York City, Spyros Mezitis, MD ,  mengatakan,”Tidak ada salahnya minum teh,  kendati belum ada alasan kuat yang merekomendasikan  pasien  diabetes maupun mereka yang berisiko diabetes, untuk  minum teh.”

Ia memberikan beberapa kiat hidup sehat untuk menunjang upaya penurunan risiko diabetes.
Batasi makan makanan yang mengandung gula halus dan tepung putih halus.
Tambahkan konsumsi buah, sayuran, gandum utuh dan produk olahan susu rendah lemak pada menu sehari-hari.
Olahraga aerobik setidaknya 30 menit setiap kali, 3 kali seminggu.
Sumber :

www.tabloidnova.com

Kata kunci terkait :
Jual Teh Hitam Blesstea
 Inilah Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan Tubuh Anda