Selasa, 05 Agustus 2014
Berlangganan

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Kolesterol telah diketahui sebagai penyebab utama terjadinya aterosklerosis, yaitu proses pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah. Akibat proses ini saluran pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner, menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya. Keadaan ini akan meningkatakan resiko terkena penyakit jantung koroner (PJK). Pada usia produktif , PJK sudah menjadi masalah kesehatan dan serius di Indonesia. Untuk menurunkan kolesterol yang perlu dilakukan adalah mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Diet merupakan upaya pertama dan utama dalam menanggulangi tingginya kadar lemak darah, selain melakukan olahraga yang teratur. Bila usaha ini gagal, perlu dipertimbangkan untuk memulai penggunaan obat-obat penurun lemak darah (hipolipidemik). Namun, mahalnya harga obat hipolipidemik kadang membuat pasien harus pasrah karena tidak dapat membelinya, Apalagi, bila obat tersebut harus digunakan seumur hidup, seperti pada penderita dislipidemia primer. Jadi ada baiknya jika mengonsumsi makanan penurun kolesterol tinggi dengan cara memanfaatkan bahan-bahan alami.

Makanan penurun kolesterol tinggi adalah susunan hidangan sehari-hari sesuai dengan gizi yang seimbang dengan mengutamakan sayuran dan buah yang banyak mengandung serat. Kurangi konsumsi garam dan gula serta lemak, dan pilih lemak yang tidak jenuh. Batasi pula konsumsi lemak jenuh trans yang ada dalam daging, pastry, dll.

Pilih daging tanpa lemak. Jika daging tersebut berlemak, sebaiknya terlebih dahulu buang lemak, baru kemudian olah. Meskipun mengandung kolesterol dan lemak jenuh, daging sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh karena juga mengadung zat besi, seng, dan vitamin B-12. Namun, sebaiknya hindari atau batasi konsumsi daging yang diproses, seperti sosis, daging asap, salami, dll.

Sebelum daging ayam dimasak, terlenih dahulu hilangkan kulitnya. Blanching sebentar agar lemaknya larut. Setelah itu, olah ayam sesuai selera. Kolesterol dari makanan tidak meningkatkan kolesterol darah bagia yang mempunyai kolesterol darah normal, namun lemak jenuh dan trans dapat mengakibatkan kolesterol darah. Bagi yang sudah bermasalah dengan kolesterol darah perlu untuk lebih membatasi sumber kolesterol, lemak jenuh maupun trans fat.

Teh Hitam Blesstea untuk Penurun Kolesterol Tinggi dalam Tubuh >>> KLIK DISINI

Kata kunci terkait :
Jual Teh Hitam Blesstea
Makanan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Tubuh